Lexus UX 300e Coba Isi Daya Baterai di SPKLU, Tarif Ternyata Sudah Naik?

tarif pengecasan mobil listrik

topmetro.news – Lexus UX 300e coba isi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraaan Listrik Umum (SPKLU) sebuah mall kawasan Tangerang, Banten. Ternyata terdapat fakta, jika tarif pengecasan mobil listrik sudah naik alias normal kembali lewat aplikasi Charge.in.

Sebab, saat tim redaksi melakukan pengecasan di SPKLU Bulan November 2020 lalu, tarif per kWh masih sekitar Rp1.331. Sementara pada Februari 2021, biaya kembali normal menjadi Rp2.446 per kWh.

Belum lagi, dalam biaya tersebut ada penambahan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar Rp1.598,77 dan juga biaya administrasi Rp2.500. Kalau dibanding dengan listrik rumahan tentu biayanya sedikit lebih mahal.

BACA JUGA | RI Bisa Jadi Raja Baterai Mobil Listrik, ini Penjelasannya

Pengecasan di Rumah

Khusus di rumah, biaya pengecasan per kWh sekitar Rp1.444,70 (1.300 VA-200 kVA). Belum lagi ada diskon 30 persen ketika pengisian jam 22.00-05.00 WIB.

Syaratnya, sambungan listrik harus pakai meteran sendiri. Alias tidak menyatu dengan listrik rumah.

Memang, selain melalui charging station, pengecasan kendaraan listrik juga dapat di rumah.

Doddy B Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UIDJAYA), mengatakan kalau charging kendaraan listrik di rumah tetap harus memperhatikan soal daya listrik.

“Kalau persoalannya ya kan tantangannya apakah di rumah cukup gitu ya. Tergantung rumah siapa dulu. Ada yang masih 5.500 Watt ada yang sudah 3.000 Watt,” ujar Doddy via obrolan virtual (NGOVI) belum lama ini.

Doddy pun menjelaskan, jika ingin melakukan pengecasan di rumah, minimal harus tersedia daya sebesar 11.000 Watt. “Itu sudah minimal. Kan kita juga pakai yang lain-lain lagi ya,” kata Doddy.

Beberapa waktu yang lalu, dari Juli sampai September 2020, PLN memberikan promo membebaskan biaya tambah daya bagi pemilik kendaraan listrik itu sebesar 100 persen.

“Ternyata sambutannya juga kurang. Kenapa ya? Mungkin memang tidak ada ya di sini,” tuturnya.

Kalau dilihat dari kesiapan, PLN tentunya memiliki cadangan listrik yang besar untuk kebutuhan pengecasan kendaraan listrik.

sumber | otomotifnet.com

Related posts

Leave a Comment